Cara Menambah Warna Jenong Pada Ikan Louhan

 Cara Menambah Warna Jenong Pada Ikan Louhan

Ikan Louhan merupakan salah satu ikan yang terkenal muncul dari perairan Malaysia pada tahun 1993. Dan kemudian dikembangkan terus menerus hingga menghasilkan warna yang berbeda dan spesiesnya. Pengembangan tersebut didasari karena ikan Louhan merupakan salah satu ikan hias yang sangat indah dan memiliki mitologi sebagai pelindung manusia jika dipelihara dirumah.

 

Ikan Louhan juga semakin popular di Indonesia. Sehingga banyak yang melakukan budidaya. Namun yang menjadi masalah karena banyak ikan pemeliharaanya tidak memiliki jenong dan warna yang kurang akuran. Sehingga ikan Louhan yang tidak memiliki jenong dan warna menarik taka da bedanya dengan ikan mujair.

 

Tentunya ini akan membuat kita merasa kesal dan harganya pun sangat murah. Nah untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan membahas mengenai Cara Menambah Warna dan Jenong atau Jidat (Nongnong) Pada Ikan Louhan. Berikut ulasanya.

 

Menambah Warna Pada Ikan Louhan

 

1. Makanan

Salah satu yang mempengaruhi kwalitas warna ikan Louhan adalah makananya. Karena ikan louhan yang tumbuhnya kurang maksimal akan memiliki warna yang pucat yang lama kelaman akan memudar. Makanan yang dipercaya mampu memberi kwalitas warna pada ikan Louhan adalah udang dan hati sapi karena mengandung karotin.

 

2. Kerikil atau Batu

Beberapa hobiis sering menyarankan agar memberikan dasar akuarium berupa kerikil berwarna terang, seperti merah dengan harapan akan memicu warna ikan. Perlu diketahui bahwa indukan asli ikan luohan berasal dari lingkungan perairan dengan bebatuan berwarna pucat, sehingga tidak tertutup kemungkinan pemberian dasar atau dekorasi ber warna-warni malah akan menyebabkan ikan tersebut menjadi stress.

 

3. Beta Karoten

Untuk memicu warna, berikan pakan yang memiliki kandungan beta karoten, atau astaxhantin tinggi. Bahan ini tidak dapat diproduksi oleh ikan, sehingga perlu ditambahkan pada pakannya. Meskipun demikian perlu diketahui bahwa bahan ini hanya akan digunakan oleh ikan seperlunya saja. Pemberian yang berlebihan akan dibuang oleh ikan dalam bentuk kotoran (faeces).

 

4. Lampu UV

Untuk memicu warna pada ikan Louhan bias juga dilakukan dengan cara memasang Lampu UV pada Akuarium. Lampu-lampu ini berfungsi untuk memicu pertumbuhan kilat warna pada tubuh ikan louhan. Lampu UV tidak harus dinyalakan sepanjang hari karena jika dinyalakan sepanjang hari ikan louhan akan terangsang untuk terus bergerak tanpa istirahat.

 

Menambah Jenong Pada Ikan Louhan

 

1. Pemberian Pakan

 

Kemudian untuk menambah jidatnya bisa dilakukan dengan cara memancing amarah atau memberi pakan khusus. Dengan memancing marah, semua sirip dan otot pada ikan louhan dapat mengencang. Sehingga dapat memcancing Nongnong keluar. Kemudian jika ingin menggunakan makan, maka harus memberi makan yang banyak mengandung lemak dan protein karena didalam nongnong louhan sendiri merupakan tempat penyimpanan lemak sehingga jika memberi makan tersebut maka pertumbuhan lemaknya akan bertambah sehingga meransangnya untuk menumbuhkan jidatnya.

 

2. Cermin

 

Kemudian cara lain bisa dilakukan dengan menggunakan cermin. Karena dengan melihat cermin (gambarnya sendiri) ikan louhan akan marah dan dengan demikian dapat membuat jidat bertambah besar.

 

3. Vitamin

 

Selain makan berlemak dan protein dapat juga dilakukan dengan cara memberi Vitamin dan mineral seperti misalnya K3 atau bias menambahakan Valin, metionin, Ca-panthotenat, tripthopan, garam Na, k dan Mg.

 

Catatan:

Pakan buatan dapat berupa pelet yang mengandung hormon atau pelet yang mengandung spirulina. pelet yang demikian dapat memicu pertumbuhan warna louhan, sehingga louhan menjadi lebih cemerlang dan indah. Pemberian pakan buatan mempercepat perkembangan warna louhan. Akan tetapi, pemberian pakan buatan yang berlebihan menimbulkan beberapa efek negatif. Misalnya munculnya warna di tempat yang tidak diinginkan (dibibir dan sirip). Bahkan jika over dosis dapat menyerang lever dan menyebabkna kematian oleh karena itu, pemberian pakan yang bervariasi akan menjamin kecukupan asupan vitamin dan gizi yang diperlukan louhan.

 

Pakan yang paling pas untuk menambah warna pada Ikan Louhan adalah pakan alami dapat berupa jentik nyamuk (cuk), kutu air, udang, ulat jerman, dan cacing. Karena pakan alami kurang higienis, sebagian dicuci atau dibersihkan dari kuman dan bakteri sebelum diberikan kepada louhan.

Post a Comment for "Cara Menambah Warna Jenong Pada Ikan Louhan"